Selasa, 28 Juli 2015

5 Aspek Penting dalam Reading Comprehension

Dalam pelajaran Bahasa Inggris terutama pada bagian Reading Comprehension, tipe pertanyaan dalam soal selalu saja berkaitan dengan 5 aspek penting diantaranya main idea, supporting details, vocabulary, reference, dan inference. 5 aspek penting dalam Reading Comprehension ini haruslah dipahami oleh siswa karena tipe pertanyaan dalam soal selalu berkaitan. Dengan memahami 5 aspek ini, maka siswa akan lebih bisa mengenal jenis pertanyaan dan mengerti bagaimana menjawab soal yang diberikan.
Reading Comprehension

Identifying Main Idea

Main Idea ialah ide pokok yang mewakili semua paragraf. Biasanya ide pokok terdapat dalam kalimat pertama di awal paragraf. Menentukan main idea merupakan tipe pertanyaan yang paling umum ditemukan dalam soal Reading Comprehension. Cara menentukan main idea atau ide pokok ialah dengan membaca judul essay terlebih dahulu, membaca kalimat pertama di awal paragraf, membaca keseluruhan paragraf, kemudian memberikan tanda berupa garis bawah tentang kemungkinan yang bisa menjadi ide pokok. Setelah semua hal tersebut dilakukan, maka ide pokok dapat ditentukan dengan sangat mudah.

Identifying Supporting Details

Menentukan suporting details biasanya berupa pertanyaan tentang apa dan mengapa. Pertanyaan tersebut menandakan bahwa siswa harus menentukan tentang kesimpulan dari isi pokok dalam essay. Megungkapkan tentang isi pokok essay inilah yang dinamakan dengan supporting details.

Understanding Vocabulary

Penguasaan vocabulary Bahasa Inggris sangatlah penting bagi siswa. Dalam soal Reading Comprehension, biasanya siswa diminta menjawab soal tentang sinonim dan antonim. Oleh karena itu sangatlah penting bagi siswa untuk memperbanyak menghafal tentang pembendaharaan kosakata Bahasa Inggris.

Identifying Reference

“The word it refers to?” merupakan pertanyaan yang paling umum mengenai identifying reference. Untuk mejawab pertanyaan seperti ini maka siswa diarahkan untuk membaca kalimat sebelumnya, maka akan ditemukan jawaban dari soal tersebut.

Making Inference

Tipe pertanyaan seperti ini biasanya siswa diharuskan untuk membuat dugaan berdasarkan opini serta pemikiran siswa. Contoh soal dalam menentukan inference ialah, “Jika Anda adalah seorang guru, maka apa yang akan Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas belajar?”



Itulah 5 aspek penting dalam reading comprehension yang harus di perhatikan untuk dapat memahami dan mudah menyerap bacaan dengan mudah. Semoga dengan menerapkan aspek aspek penting tersebut kalian dapat terbantu ketika memahami isi sebuah tulisan dengan cepat dan tepat.

1 komentar:

  1. terimakasih min, bermanfaat infonya. next cantumin sumbernya dong soalnya saya baca di buku expert lain ada yang 7 atau 8 aspek

    BalasHapus