Rabu, 29 Juli 2015

Pengertian Prepositions dan Contoh Penggunaannya

Prepositions adalah kata depan dalam Bahasa Inggris. Prepositions merupakan salah satu bagian dari part of speech yang berfungsi untuk menghubungkan kata ganti, kata benda, serta frase dengan sebuah kata dalam kalimat. Setelah membahas mengenai tenses, kali ini kita akan membahas mengenai prepositions beserta contohnya. Meskipun sederhana, namun prepositions ini tidak bisa dianggap remeh dan tidak sedikit orang yang masih bingung menggunakan prepositions dengan benar.
Pengertian Prepositions dan Contoh Penggunaannya

Contoh Prepositions
  • The dictionary is on the desk.
  • The dictionary is beside the desk.
  • The dictionary beneath the desk. 

Ketiga contoh preposition di atas menunjukkan bahwa preposition digunakan untuk menghubungkan kata benda “dictionary” dengan kata lainnya dalam kalimat tersebut yang menunjukkan letak kamus tersebut.

Seperti yang dilihat di atas bahwa yang diikuti oleh propositions ialah kata benda, dengan begitu hanya kata benda saja yang boleh mengikuti preposition dan tidak bisa diikuti oleh kata kerja. Demikian beberapa jenis kata benda yang boleh mengikuti preposition sebagai berikut:

  1. Noun (Kata benda) yang real dimana benda tersebut dapat dilihat dan disentuh oleh indera seperti table, apple, glass, chair, book, pillow, bag, ect.
  2. Proper noun (Nama orang atau nama tempat) yaitu Randy, Iwan, Jakarta, Solo, Surabaya, Lampung, ect.
  3. Pronoun (Kata ganti) kepunyaan yang diikuti dengan kata benda seperti my, his, her. Contohnya my table, his book, her bag, ect.

6 Jenis Prepositions

  1. Preposition of time: on, in, at
  2. Contoh: On Sunday, At 09.30 PM, in 20014.
    2.      Preposition of place: on, in, at
    Contoh: On a table, in a box, at College.
    3.      Preposition for direction: to, toward, through, into
    Contoh: She goes to school.
    4.      Preposition for agent: by, with
    Contoh: This cake was made by Santy.
    5.      Preposition for device, instrument, or machine: by, with
    Contoh: My father comes to the party by taxi.
    6.  Preposition phrases: listening to, believe in, looking for, different from, ect. Preposition phrases merupahan preposisi yang digabungkan dengan kata dan bersifat mutlak seperti different from yang tidak bisa diganti dengan different with, dsb. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar