Kamis, 06 Agustus 2015

3 Strategi Jitu Untuk Mengajarkan Past Perfect Tense

Dalam mempelajari Bahasa Inggris, yang paling sulit untum dipahami oleh sebagian besar orang ialah grammar terutama tentang past tense dimana terdapat perubahan penggunaan kata kerja atau verb. Kali ini saya akan memberikan materi mengenai Past Perfect Tense dimana Past Perfect Tense ialah tense yang menjelaskan tentang suatu hal yang sudah terjadi sehingga kita menggunakan kata kerja bentuk lampau. Formula dalam membuat kalimat Past Perfect Tense ialah euxiliary verb (had) + Past Participle (V3)
Past Perfect Tense

Contoh :
When my mother cooked my favorite food, I had already had a lunch. (Ketika Ibu saya memasak makanan kesukaan saya, saya sudah makan siang.)

Contoh kalimat diatas merupakan kalimat yang menggunakan Past Perfect Tense dimana terdapat formula had + already had (V3 dari have).

Untuk mengajarkan Bahasa Inggris khususnya mengenai Past Perfect Tense, demikian strategi yang bisa Anda terapkan agar mudah memahami tentang Past Perfect Tense.

Buat Tabel Waktu

Agar lebih mudah memahami bagaimana membuat kalimat dalam bentuk Past Perfect tense, maka buatlah tabel waktu yang melibatkan waktu yang sudah berlalu.
Contoh:
·   I arrived at Dani’s house at 10.30 PM last night. (Saya tiba di rumah Dani pukul 10.30 kemarin malam)
·     Dani did group assignment at 09.30 PM. (Dani menyelesaikan tugas kelompok pukul 09.30.)
·   I arrived at Dani’s house at 10.30 PM last night, Dani had finished do group assignment. (Ketika saya tiba di rumah Dani pukul 10.30 kemarin malam, Dani sudah menyelesaikan tugas kelompok.)

Libatkan Kejadian Sehari-Hari

Terkadang mengarang membuat kalimat dalam bentuk past memang sulit. Untuk itu, gunakanlah contoh kalimat yang benar-benar terjadi di masa lampau sehingga Anda akan dengan mudah membuat kalimat dalam bentuk Past Perfect Tense.

Awali dengan Simple Past Tense

Untuk membuat kalimat Past Perfect Tense dengan mudah, mulailah untuk membuat dua kalimat Simple Past Tense yang berhubungan kemudian gabungkan dua kalimat tersebut sehingga membentuk kalimat Past Perfect Tense seperti contoh kalimat di atas.

Demikian tiga strategi jitu untuk menguasai Past Perfect Tense. Semoga bermanfaat. J



Tidak ada komentar:

Posting Komentar