Kamis, 06 Agustus 2015

Mengenal Past Continuous Tense dan Bagaimana Penggunaannya

Saat mempelajari Bahasa Inggris, bagian yang paling sulit dipahami oleh sebagian besar orang ialah tense. Dalam Bahasa Inggris, terdapat beberapa macam tense yang wajib diketahui seperti present tense, simple past tense, past perfect tense, past continuous tense, past continuous tense, dan sebagainya. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai tense dasar yang bisa dibilang mudah dipahami, kali ini saya akan memberikan materi mengenai past continuous tense. Siapa yang belum mengerti tentang past continuous tense? 
Past Continuous Tense

Past continuous tense sebenarnya hampir sama dengan continuous tense, hanya saja pada past continuous tense ini digunakan untuk menunjukkan suatu kejadian yang sedang berlangsung namun terjadi di masa lampau. Untuk lebih jelasnya, mari simak contoh kalimat di bawah ini.

Contoh:

  • I was sleeping when he came. (Saya sedang tidur saat dia datang.)
  • My mother was reading a letter last morning. (Ibu saya sedang membaca sebuah surat kemarin pagi.)
  • She was singing at the party last night. (Dia sedang bernyanyi di pesta tadi malam.)
  • You were watching TV Program when I came. (Kamu sedang menonton program TV saat saya datang.)


Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk dipahami. Untuk lebih memperjelas penggunaan past continuous tense, saya akan menjelaskan secara rinci mengenai formula past continuous tense yaitu was/were + present participle (-ing) + keterangan waktu (past) atau bisa ditambah dengan kalimat past tense seperti she called, he came agar melengkapi fungsi past continuous tense.

Fungsi Past Continuous Tense

- Mengungkapkan kegiatan yang terputus karena ada interupsi di masa lampau.
Contoh: I was taking a bath when my mother called. (Saya sedang mandi ketika ibu saya memanggil.)

·        -  Mengungkapkan dua kejadiian di waktu yang sama.
Contoh: I was doing my homework while he was listening a music. (Saya sedang mengerjakan tugas saya, sementara dia sedang mendengarkan music.)

·        -  Mengungkapkan tindakan atau kejadian secara spesifik di masa lampau.
Contoh:
-          My mother was cooking at 06.30 AM. (Ibu saya memasak pukul 06.30 pagi.)
-          Last night, my father was preparing his presentation for this morning. (Kemarin malam, ayah saya sedang mempersiapkan presentasinya untuk pagi ini.)

Itulah sedikit pembahasan mengenai past continuous tense yang dapat kalian simak, semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan kalian.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar