Rabu, 05 Agustus 2015

Tips Sukses TOEFL IBT

TOEFL iBT Writing merupakan sesi yang paling banyak menyita waktu bagi para peserta. Meskipun sesi writing terdapat pertanyaan yang paling sedikit, namun di dalamnya terdapat instruksi untuk menuliskan sebuah tulisan essay mengenai tema yang sudah ditentukan. Kemampuan menulis Anda akan diuji disini. 
TOEFL iBT Writing

Writing section bisa dibilang sesi yang paling sulit, mengapa? Karena pada sesi ini kebanyakan peserta test merasa bingung untu memulai menulis atau tak jarang yang tidak menguasai tema yang diminta. Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam tes TOEFL iBT Writing karena meskipun merupakan sesi yang paling sulit, justru pada test ini Anda bisa mendongkrak skor TOEFL Anda. Untuk mendapatkan skor yang tinggi pada sesi ini, sangat diperlukan latihan sebagai berikut:

·         Meningkatkan Kosakata

Sama halnya dengan sesi lainnya, meningkatkan kosakata sangatah diperlukan dalam test TOEFL. Dalam mengerjakan test TOEFL Writing, Anda diminta untuk menuliskan essay dimana Anda akan diuji mengenai kemampuan kosakata Anda. Bayangkan jika Anda terbesit untuk menuliskan sesuatu, namun Anda tidak mengerti bagaimana menuliskannya dalam Bahasa Inggris, pasti akan terasa sangat sulit bukan? Oleh karena itu, latihan dan membiasakan diri mendekatkan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari seperti menulis serta teks Bahasa Inggris, mendengarkan lagu Bahasa Inggris, menonton film Bahasa Inggris, dan akan lebih baik membiasakan berbicara dalam Bahasa Inggris kepada seseorang yang juga memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

·         Praktek Menulis

Jika Anda merasa kosakata yang Anda miliki sudah semakin meningkat, maka mulailah untuk menuliskan sesuatu dalam Bahasa Inggris. Latihan menulis tidaklah sulit, jika Anda merasa bingung untuk menulis maka mulailah dari hal yang paling sederhana seperti tentang kehidupan Anda sehari-hari. Setelah itu, biasakan untuk mengetahui tentang topik terkini dan mulailah menulisnya. Latihan ini akan membiasakan diri Anda untuk terbiasa menulis dan menambah wawasan mengenai topik tertentu.

·         Perhatikan Tata Bahasa

Kosakata sudah dikuasai, topik-topik terkini pun sudah. Saatnya Anda melatih pengetahuan mengenai tata bahasa. Dalam menulis, tata bahasa yang baik dan benar sangatlah penting. Dalam test TOEFL Writing Anda akan diminta menulis dimana Anda akan merangkai kata menjadi kalimat. Pada bagian ini, Anda harus merangkai kalimat dengan susunan serta tata bahasa yang tepat.


Demikian tips latihan meningkatkan kemampuan TOEFL iBT Writing dengan memperhatian tiga aspek penting. Semoga berhasil. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar